Sunday 28 September 2014

Filled Under: , ,

ISD sebagai MKDU

Pengertian, tujuan ISD dan IPS
ISD adalah kepanjangan dari Ilmu Sosial Dasar yang pengertiannya ialah pengetahuan yg mempelajari tentang masalah-masalah sosial yang ada khususnya pada masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (seperti fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah)

isd
Tujuan ISD meliputi beberapa hal, diantara lain :
  • ISD dapat membantu mahasiswa lebih kritis dalam memahami dan menyadari adanya masalah-masalah sosial serta kenyataannya yang ada dalam kehidupan masyarakat
  • Setelah memahami, mahasiswa akan mempunyai rasa kepekaan terhadap masalah-masalah sosial yang berada di dalam masyarakat dan ikut serta dalam menanggulanginya
  • ISD juga membantu mahasiswa dalam memahami jalan pikiran para pakar ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dalam berkomunikasi untuk menangani penanggulangan masalah sosial di masyarakat.
IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mempelajari gejala dan masalah sosial di kalangan masyarakat yang dilihat dari berbagai aspek kehidupan yang terpadu. IPS bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada seseorang agar mampu hidup di tengah-tengah masyarakat dan mampu menjadi warga Negara yang baik dan bertanggung jawab. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.

ISD dan IPS

Persamaan ISD dan IPS
Perbedaan ISD dan IPS
Keduanya sama-sama memiliki kepentingan dalam program pengajaran dan pendidikan
ISD umumnya dipelajari saat menjadi Mahasiswa, sedangkan IPS dipelajari saat jenjang SD, SMP dan SMA
ISD dan IPS adalah ilmu yang tidak berdiri sendiri, artinya ilmu social dasar dan ilmu pengetahuan social tidak mempunyai objek dan metode ilmiah.
ISD merupakan mata kuliah tunggal sedangkan IPS merupakan sekumpulan dari sejumlah mata pelajaran.
Keduanya mempunyai materi permasalahan yang sama.
ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

Ruang Lingkup ISD
1) Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat. Meliputi, latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya.
2) Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
3) Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

Pertanyaan :
1) Ilmu yang mempelajari cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum dll adalah :
     a. Ilmu Sosial Dasar
     b. Ilmu Pengetahuan Sosial
     c. ISD dan IPS

2) Berikut ini adalah tujuan pembelajaran Ilmu Sosial Dasar yaitu :
     a. Agar mahasiswa pandai dalam menghapal rumus fisika
     b. Peka dan memahami, serta dapat menanggulangi masalah sosial yang ada pada masyarakat
     c. Mempelajari struktur tulang pada manusia

3) Dalam memecahkan suatu permasalahan sosial yang ada pada masyarakat, mahasiswa harus mengetahui cara-cara dalam menanggulangi permasalahan tersebut, yakni :
     a. Pura-pura tidak tau
     b. Melakukan penelitian atau observasi
     c. Melaporkannya kepada Ketua RT setempat

4) Persamaan antara ISD dan IPS yaitu :
     a. Sama-sama memiliki materi permasalahan yang sama
     b. Sama-sama perlu uang
     c. Sama-sama belajar tentang matematika

5) Dalam melakukan suatu observasi atau penelitian tentang masalah sosial yang ada pada masyarakat, dapat dilakukan dengan metode analisis SWOT, apakah yang dimaksud dengan analisis SWOT?
     a. Tidak tau
     b. SWOT adalah kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunity, Threat yaitu suatu analisis yang digunakan dalam mengetahui suatu pemecahan permasalahan dari keempat poin tersebut   
     c. Woles

Sumber Referensi :
http://putrasinambela.wordpress.com/2013/10/01/pengertian-tujuan-isd-ruamg-lingkup-isd-persamaan-isd-dan-ips/
http://anwarabdi.wordpress.com/2013/05/04/isd-sebagai-salah-satu-mkdu/

Silahkan berkomentar dengan damai tanpa menyimpang dari topik And Please DON'T SPAM!!