Wednesday 1 October 2014

Filled Under: , ,

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Contohnya pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun 2005 ke tahun 2010 adalah perubahan jumlah penduduk Indonesia pada saat tahun 1995 sampai 2000 apakah mengalami peningkatan atau tidak.

Dengan diketahuinya jumlah penduduk yang akan datang, diketahui pula kebutuhan dasar penduduk ini, tidak hanya di bidang sosial dan ekonomi tetapi juga di bidang politik misalnya mengenai jumlah pemilih untuk pemilu yang akan datang. Tetapi prediksi jumlah penduduk dengan cara seperti ini belum dapat menunjukkan karakteristik penduduk dimasa yang akan datang. Untuk itu diperlukan proyeksi penduduk menurut umur dan jenis kelamin yang membutuhkan data yang lebih rinci yakni mengenai tren fertilitas, mortalitas dan migrasi.

Kebudayaan dan Kepribadian
Kebudayaan adalah keseluruhan pemikiran dan benda yang dibuat atau diciptakan oleh manusia dalam perkembangan sejarahnya. Kebudayaan tidak pernah mempunyai bentuk yang abadi, tetapi terus menerus berganti-gantinya alam dan zaman.

culture
Salah satu contoh kebudayaan Indonesia - Bali

Sedangkan Kepribadian atau Personality merupakan kecenderungan psikologis seseorang untuk melakukan tingkah laku sosial tertentu, baik berupa perasaan, berpikir, bersikap, dan berkehendak maupun perbuatan. Konsep kepribadian adalah konsep yang luas dan dalam, sehingga tidak dapat didenifisikan secara semata.

Secara sederhana hubungan antara keduanya adalah kebudayaan yang menciptakan kepribadian seseorang yang berada pada lingkungan kebudayaan itu sendiri. Maka dari itu, kepribadian seseorang tidak akan ada yang sama diantara yang lainnya. Tetapi secara umum kebudayaan dan kepribadian saling memiliki keterkaitan dalam kehidupan setiap manusia. Pada hakekatnya manusia adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya, selain itu karena disebut sebagai makhluk sosial yaitu manusia tidak bisa hidup sendiri / saling ketergantungan.

Kebudayaan Barat
Kebudayaan barat adalah kebudayaan yang cara pembinaan kesadarannya dengan cara mamahami ilmu pengtahuan dan filsafat. Melalui proses belajar dan mengajar, para ahli kebudayaan barat dituntut untuk pandai dalam berceramah dan berdiskusi. Hal itu dilakukan karena pada akhirnya akan banyak yang mengikuti ajarannya.
Terdapat beberapa ciri dominan yang mencerminkan kebudayaan barat, yaitu :
  • Penghargaan terhadap martabat manusia. Hal ini bisa dilihat pada nilai-nilai seperti: demokrasi, institusi sosial, dan kesejahteraan ekonomi.
  • Kebebasan, pada budaya Barat anak anak berbicara terbuka di depan orang dewasa, orang orang berpakaian menurut selera masing-masing, mengemukakan pendapat secara bebas, tidak membedakan status sosial dsb.
  • Penciptaan dan pemanfaatan teknologi, seperti pesawat jet, satelit, televisi, telepon, listrik, komputer dsb. orang Barat menekankan logika dan ilmu. orang Barat cenderung aktif dan analitis.
Secara realistis, perbedaan antara kebudayaan barat dengan kebudayaan timur yang paling mencolok adalah terdapat pada budaya masing-masing. Pada budaya barat, mengadopsi gaya hidup modern dengan adanya penciptaan teknologi, sedangkan kebudayaan timur masih berpegang teguh pada adat-istiadat serta gotong royong.

gotong royong
Gotong Royong

Pertanyaan :
1) Ledakan penduduk merupakan masalah serius yang dihadapi Indonesia saat ini, cara paling efektif untuk menekan jumlah populasi manusia yaitu :
     a. Melakukan Urbanisasi besar-besaran
     b. Melakukan Transmigrasi oleh penduduk kota
     c. Mengikuti program Keluarga Berencana

2) Budaya Barat kini telah memasuki kebudayaan Indonesia, tetapi cenderung hal negatif yang diasumsikan oleh masyarakat kita, cara terbaik untuk menanggulanginya adalah :
     a. Memilah dan memilih sebelum menerapkannya
     b. Menerima dengan lapang dada
     c. Acuhkan

3) Apa jadinya jika kebudayaan tidak diimbangi dengan kepribadian yang baik oleh masyarakatnya?
     a. Masyarakatnya cenderung Fanatik dan Anarki akan kebudayaannya
     b. Masyarakatnya menjadi lebih rajin
     c. Terdapat sebuah kerja sama tim

4) Apa perbedaan yang mencolok yang membedakan budaya barat dengan budaya timur?
     a. Mata uang
     b. Kebudayaan, gaya hidup, serta kepribadian masyarakatnya
     c. Gaya bicara dan gaya berpakaian

5) Hal-hal berikut yang dapat merawat dan menjaga kebudayaan Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali :
     a. Melakukan gotong royong bersama
     b. Bermain video game setiap hari
     c. Mencintai produk buatan Indonesia, serta keseniannya

Sumber Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pertumbuhan_penduduk
http://www.datastatistik-indonesia.com/
http://nanditoaldo.wordpress.com/2011/03/21/makalah-peran-kebudayaan-dalam-membentuk-kepribadian/ 
http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id/artikel_detail-45448-Makalah-Perbedaan%20Kebudayaan%20Barat%20dan%20Kebudayaan%20Timur.html

Silahkan berkomentar dengan damai tanpa menyimpang dari topik And Please DON'T SPAM!!